Langsung ke konten utama

Postingan populer dari blog ini

Walking in the Dawn

Dikirim dari ponsel cerdas Samsung Galaxy saya.

Akun Facebook 2009 di Nonaktifkan Permanen

Barusan dapat notifikasi bahwa akun facebook aku dituduh melanggar peraturan mereka dan akan di nonaktifkan secara permanen setelah 180 hari. Setelah ditelusuri lagi ternyata pelanggaran tersebut berkaitan dengan hal yang tidak pernah aku lakukan yaitu " mengumpulkan data tanpa izin" . hal terakhir yang aku lakukan di Facebook adalah mengubah bio menjadi "im not Robot 🤖" tapi justru hal itu yang menbuatku dituduh robot, kocak! Meskipun akun itu sudah dibuat sejak tahun 2009 tapi aku berfikir untuk mengikhlaskannya saja ya. Dikirim dari ponsel cerdas Samsung Galaxy saya.

Apakah menceritakan orang yang menganggu kita termasuk menggunjing?

  source image pixabay Dalam suatu riwayat diceritakan ada laki-laki mendatangi Rasulullah SAW untuk mengadukan tetangga yang sering mengganggunya dan Rasulullah SAW menyuruhnya untuk bersabar dan setelah keesokan harinya dia datang lagi untuk mengadukan hal yang sama maka Rasulullah SAW berkata “Keluarkan barang-barangmu, lalu letakkan di jalan!”. Ternyata nasihat itu sangat efektif karena setelah laki-laki itu mengerjakan apa yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW maka orang-orang mulai memperhatikan dan menanyakan kenapa bisa barang-barangnya dikeluarkan. lalu setelah dijelaskan oleh lelaki tersebut maka orang-orang pun turut bersimpati dan melaknati si tetangga usil itu “Ya Allah laknatilah ia!”. Hingga sampai ke si pengganggu itu dan dia berjanji tidak akan mengganggunya lagi. Dari riwayat diatas kita dapat menyimpulkan bahwa menceritakan tentang orang yang menganggu kita tidak sama dengan menggunjing. Sayangnya dijaman sekarang ketika kita di ganggu secara terus menerus dan menc